Selamatko Lemaong Sumatera Nyin Dang Bela, Kebanggaan Kita

Biha, 12 Agustus 2018. Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, S.P.,M.H. menghadiri acara puncak peringatan Global Tiger Day dan Hari Konservasi Alam Nasional 2018 tanggal 12 Agustus 2018 di Bendungan Way Biha Kabupaten Pesisir Barat. Dalam orasinya, Erlina menyampaikan dukungannya dalam program konservasi Harimau Sumatera. “Mari kita jaga Harimau Sumatera, kebanggaan kita. Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sangat mendukung Program Konservasi Harimau Sumatera dan kelestarian alam. Di Pesisir Barat, jarang terjadi konflik Harimau Sumatera dengan manusia, karena masyarakat peduli, menjaga dan tidak mengganggu keberadaan Harimau Sumatera. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mendukung pengembangan Ekowisata Way Biha, untuk peningkatan ekonomi masyarakat”, papar Erlina.

Peringatan Global Tiger Day dan Hari Konservasi Alam Nasional tanggal 11 – 12 Agustus 2018 di Biha diselenggarakan oleh Balai Besar TNBBS, bekerja sama dengan mitra – mitra kerja, antara lain Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat; GEF; UNDP; Sumatran Tiger Project; YABI; WCS; WWF; Artha Graha Peduli; TWNC; TFCA Sumatra; Pundi Sumatra; PILI; Repong Indonesia; dan Saka Wana Bakti TNBBS. Kegiatan yang dihelat selama 2 hari ini diisi oleh berbagai kegiatan, yaitu : Lomba Lukis untuk siswa SMP dan SMA; Kemah Konservasi / Tiger Day Camp, penanaman, pentas seni; Fun Bike; Lomba mewarnai untuk siswa Sekolah Dasar; Lomba Penyajian Kuliner Daerah untuk Tim Penggerak PKK Pekon Paku Negara; Bazar Ekonomi Kreatif; Stand Kampanye Penyadartahuan.

“Kami mendukung program konservasi TNBBS, dan mengharapkan partisipasi semua pihak, untuk mencegah terjadinya perburuan liar dan perambahan hutan, masyarakat Pesisir Barat turut berbangga sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di sekitar kawasan hutan”, tambah Erlina. Setelah melakukan orasi, Wakil Bupati Pesisir Barat membubuhkan tanda tangan pada spanduk deklarasi mendukung program konservasi Harimau Sumatera yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Plh. Kepala Balai Besar TNBBS Heru Rudiharto, S.Si.,M.P mengaku gembira mendengar pernyataan yang disampaikan oleh Ibu Wakil Bupati melalui orasinya. “Program konservasi Harimau Sumatera merupakan amanah berat yang di emban Balai Besar TNBBS, namun, dengan dukungan semua pihak dan kepedulian masyarakat, mudah – mudahan kita dapat melaksanakannya, sebagaimana yang telah disampaikan Ibu Wakil Bupati, Harimau Sumatera kebanggaan kita bersama”, ungkap Heru.

Selamatko Lemaong Sumatera Nyin Dang Bela...
Selamatkan Harimau Sumatera, Harimau Kita, Harimau Indonesia…

 

Sumber : Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini