Lagi, Kebakaran Melanda Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo, 2 Agustus 2018. Berawal dari laporan masyarakat pada Rabu (1/8) pukul 19.00 WIB, petugas Balai TN. Komodo berhasil memadamkan api di Gililawa Darat, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Pulau Komodo. Setalah mendapat laporan dari masyarakat, petugas dari Resort Padar, Loh Sebita dan juga dari Labuan Bajo langsung menuju lokasi untuk memadamkan api hingga akhirnya pada pukul 03.10 dinihari tadi, api berhasil dipadamkanKuat dugaan, api yang melanda Gililawa disebabkan  ulah oknum pengunjung yang merokok di puncak Gililawa Darat.

Gililawa Darat merupakan salah satu spot wisata favorit di Taman Nasional Komodo yang biasa dikunjungi wisatawan setelah menyelam, untuk menikmati sunset atau sunrise. Setelah melakukan pemadaman api, petugas kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung dan awak kapal yang diduga menyebabkan kebakaran. Setelah diperiksa di lokasi, para terduga kemudian dibawa ke Labuan Bajo untuk diperiksa lebih lanjut di Polres Manggarai Barat.

Kejadian kebakaran ini adalah kejadian kebakaran kedua yang melanda wilayah Taman Nasional Komodo pada tahun 2018. Sebelumnya pada tanggal 19 Juni 2018, api juga melanda wilayah Taman Nasional Komodo yakni di Loh Pede PulauKomodo. Wilayah Taman Nasional Komodo yang sebagian besar merupakan savanna memang sangat rentan terhadap kebakaran. Karenanya, semua pengunjung dilarang merokok selama trekking dan atau menyalakan api di dalam kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini