Field Trip Heart of Borneo ke TWA Gunung Tunak

Jumat, 20 Juli 2018

Gunung Tunak, 20 Juli 2018. Taman Wisata Alam Gunung Tunak kembali mendapat kunjungan, kali ini field trip dari rombongan "The 3rd Heart of Borneo Technical Committe Meeting" yang akan melihat dan belajar bagaimana pelaksanaan Ekowisata berbasis Masyarakat (Community based Eco-tourism) di Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Rombongan terdiri dari beberapa stakeholder terkait diantaranya dari Perwakilan 3 Negara dari Anggota Heart of Borneo (HoB), Kementerian Keuangan Indonesia, Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Hutan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Rombongan didampingi PEH dan Kehumasan Balai KSDA Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) beserta staf dengan agenda meliputu pemaparan materi oleh PEH BKSDA NTB, Ibu Kurniasih Nurafifah, S.Hut., M.Si. mengenai potensi TWA Gunung Tunak, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, pemberdayaan ke masyarakat serta pendampingan masyarakat untuk menjalankan Program Ekowisata di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Selain itu, rombongan juga diajak untuk melihat sarana dan prasana wisata yang telah dibangun (Kerjasama Korea Forest Service dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Sanctuary kupu-kupu dan rusa sebelumnya akhirnya melanjutkan agenda field trip ke lokasi selanjutnya.

Sebagai Informasi, Heart of Borneo (HoB) adalah inisiatif tiga negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia untuk mengelola kawasan hutan tropis dataran tinggi di borneo yang didasarkan pada prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Tujuan The 3rd Heart of Borneo Technical Committe Meeting di Lombok adalah untuk membahas dan memfinalisasi proposal dan kegiatan dalam kerangka kerjasama HoB untuk dapat dipertimbangkan dalam Trilateral Meeting HoB ke-12 yang akan dilaksanakan di Malaysia.

Sumber : Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini