BBKSDA Jabar Kembalikan Macan Tutul Yang Tersesat Kembali Ke Habitatnya

Kamis, 21 Juni 2018

Bandung, 21 Juni 2018. Seperti telah diinformasikan sebelumnya bahwa Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA Jabar), pada hari Minggu tanggal 3 Juni 2018 telah melalukan evakuasi terhadap seekor Macan Tutul (Panthera pardus melas) muda yang terperangkap di kandang unggas warga Kampung Ciruntah, Desa Cihideung, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Berkat kerjasama yang dilakukan antara Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL BBKSDA Jabar dengan petugas Kebun Binatang Bandung dan masyarakat, Macan Tutul yang terperangkap berhasil dilumpuhkan dengan senjata bius pada Senin tanggal 4 Juni 2018 dinihari yang lalu.

Macan Tutul dengan jenis kelamin jantan yang diperkirakan berumur 1,5 tahun dengan berat ± 25 kg tersebut diduga berasal dari Cagar Alam Gunung Tilu. Pasca dilumpuhkan selanjutnya dilakukan dievakuasi ke Kebun Binantang Bandung untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemulihan.

Sesuai laporan dari Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung, Drh. Dedi Trisasongko, melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, dijelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan secara fisik yang dlakukan pada tanggal 20 Juni 2018 terhadap Macan Tutul (Panthera pardus melas), bahwa makanan yang diberikan berupa campuran daging ayam sebanyak 2 kg dan daging sapi sebanyak 1 kg setiap harinya habis termakan, telah diberikan multivitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh, kondisi kesehatan secara umum baik dicirikan oleh satwa yang aktif dan respon yang baik serta nafsu makan baik, juga kondisi feses yang berbentuk.

Setelah menjalani pemulihan selama ± 17 hari dengan hasil seperti dijelaskan diatas, maka dinyatakan bahwa Macan Tutul (Panthera pardus melas) tersebut layak untuk dikembalikan ke “Rumah” nya.

Berdasarkan laporan tersebut, maka hari ini, Kamis tanggal 21 Juni 2018, Balai Besar KSDA Jawa Barat memutuskan untuk melepasliarkan Macan Tutul (Panthera pardus melas) di habitat asalnya yaitu kawasan Cagar Alam Gunung Tilu tepatnya di blok Cikakapa Pangalengan Kab. Bandung. Dimana sebelumnya pada lokasi tersebut telah dilakukan survey oleh tim BBKSDA Jabar dan dianggap cocok untuk lokasi pelepasliaran dan didukung oleh data dan informasi sebelumnya bahwa lokasi tersebut merupakan habitat Macan Tutul.

Pada kesempatan pelepasliaran ini, Balai Besar KSDA Jawa Barat diwakili oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah II Soreang dan Seksi Konservasi Wilayah III Bandung serta jajarannya, sedangkan dari pihak Kebun Binatang Bandung diwakili oleh Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung dan Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini