“Translokasi Orangutan Kalimantan dan Beruang Madu”

Senin, 23 April 2018

Jakarta, 23 April 2018, Kepala Balai KSDA Jakarta didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah  II, Petugas dan Perawat Satwa dari PPS Tegal Alur serta dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menyertai persiapan keberangkatan “Jono” Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)  dan “Baddy” Beruang Madu (Helarctos malayanus)  ke Orangutan Care Center and Quarantine (OCCQ) milik Orangutan Foundation International (OFI) di Desa Pasir Panjang Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun Kalimantan Tengah.

Seperti yang disampaikan saat Konferensi pers yang dilaksanakan  pada hari Kamis tanggal 19 April 2018 di ruang Media Center PPS Tegal Alur Jakarta Barat. Jono dan Baddy direncanakan untuk diangkut ke Kalimantan Tengah pada hari Senin tanggal 23 April 2018. Sejak jam 04.00 pagi telah dilakukan pembiusan terhadap Jono untuk memudahkan pemeriksaan Berat badan, sampel darah, gigi dan lain-lain. Setelah itu dimasukkan ke dalam kandang angkut guna penyesuaian suhu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Bandara International Soekarno Hatta Tangerang Banten. Selanjutnya pihak Bea Cukai dan Karantina Hewan melakukan pemeriksaan dokumen untuk kemudian Jono dan Baddy diterbangkan menuju Bandara Iskandar di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah dengan pesawat Trigana Air  Nomor penerbangan JL 708.

Setelah tiba di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah akan dilakukan serah terima satwa dari Balai KSDA Jakarta kepada Balai KSDA Kalimantan Tengah yang selanjutnya akan dilakukan serah terima kepada Orangutan Care Center and Quarantine (OCCQ) milik Orangutan Foundation International (OFI).  Diharapkan  setelah menjalani rangkaian proses rehabilitasi selama beberapa waktu, satwa tersebut siap kembali dilepasliarkan ke habitat aslinya yaitu di kawasan hutan Taman Nasonal Tanjung Puting Kalimantan Tengah.

Sumber: Balai KSDA Jakarta

    

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini