Menilik Kunjungan Perdana Kepala Balai Baru TN Taka Bonerate

Jumat, 20 April 2018

Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, 20 April 2018. Setelah serah terima jabatan bulan Maret lalu, Kepala Balai Faat Rudhianto mengunjungi kawasan TN Taka Bonerate untuk kali pertama, dan wilayah SPTN I Tarupa adalah yang pertama dikunjungi. Kunjungan tersebut berlangsung selama tiga hari, 18-20 April 2018.

Sekadar informasi, SPTN Wilayah I Tarupa terdiri tiga Resort yang dulunya ada lima Resort. Perampingan Resort ini dikarenakan jumlah petugas yang kurang di lapangan akibat mutasi ke unit lain.

Kepala Balai yang didampingi kepala SPTN Wilayah I Tarupa Muhammad Hasan dan Kepala SPTN Wilayah II Jinato Abd.Rajab kemudian melanjutkan kunjungan ke Desa Rajuni guna mengecek kondisi personil dan Kantor Resort Rajuni, serta memberikan arahan tentang 10 cara kelola kawasan konservasi.

Di pulau ini, Kepala Balai dan rombongan silaturahmi bersama anggota kelompok Masyarakat Desa Konservasi (MDK) Desa Rajuni. Selain perkenalan dan silaturahmi, juga mengecek kesiapan MDK dalam penyelenggaraan event Kemah Konservasi dan Jambore Selam yang rencananya akan dilaksanakan pada tgl 25 - 28 April 2018. MDK ini yang akan menjadi operator dan melayani tamu peserta yang diperkirakan berjumlah 400 orang.

Dalam pertemuan dengan MDK, Kepala Balai berpesan MDK ini akan menjadi operator wisata utama di tingkat tapak, dan tentunya dengan jumlah tamu yang lebih banyak lagi sehingga MDK harus mempersiapkan kelembagaannya lebih baik lagi. Semakin banyak event yang dilaksanakan, MDK ini akan makin matang dalam menangani event-event yang lebih besar kedepan.

Sebelum mengakhiri pertemuannya dengan MDK, Ka. Balai juga membagikan brosur Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan (SMKK) Makassar. Beliau berharap ada anak di sekitar kawasan TN Taka Bonerate yang berhasil lulus masuk ke sekolah tersebut.

Setelah melakukan pertemuan dengan MDK, rombongan Ka. Balai menuju ke Pulau Tinabo untuk mengecek kesiapan event Kemah Konservasi dan Jambore selam. Selain mengecek kesiapan lapangan, Ka. Balai secara detail mengecek spot-spot yang akan dikunjungi oleh peserta kegiatan, seperti Bungin Tinabo.

Selain Desa Rajuni dan Pulau Tinabo, Kepala Balai juga menyempatkan berkunjung ke Kantor SPTN wilayah I Tarupa dan Resor Tarupa di Desa Tarupa, termasuk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan Masyarakat Mitra Polhut Tarupa.

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini