Presentasi Hasil Magang 34 Siswa SMKKN Makassar di TN Kutai

Bontang, 16 April 2018. Selama kurang lebih 2 bulan melaksanakan magang di TN Kutai (19 Februari – 16 April 2018), hari senin (16 April 2018) sebanyak 34 peserta magang dari SMK Kehutanan Negeri Makassar melakukan presentasi di BPU Bontang Mangrove Park. Kegiatan dihadiri  Kepala Balai TN Kutai beserta jajarannya, Kepala SMKK Negeri Makassar dan KSBTU SMKK Negeri Makassar. 

?Siswa-siswi mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama berada di TN Kutai. Adapun kegiatan magang dilaksanakan di 6 resort TN Kutai yaitu Resort Teluk Pandan, Resort Sangkima, Resort Sangatta, Resort Rantau Pulung, Resort Menamang dan Resort Beno Harapan. Dari hasil presentasi yang dilakukan, kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain: patroli pengamanan hutan, sosialisasi tentang TN Kutai kepada masyarakat sekitar kawasan, monitoring orangutan, monitoring bekantan, identifikasi tumbuhan pakan orangutan, identifikasi vegetasi mangrove, pengenalan dasar kebakaran hutan dan lahan, pemulihan ekosistem, pameran indogreen 2018, pengamatan perilaku orangutan, inventarisasi satwa secara tidak langsung, inventarisasi flora, pemeliharaan pal batas TN Kutai, pengumpulan data sosial dan ekonomi masyarakat di Resort Menamang, inventarisasi penggunaan lahan di TN Kutai dan ekowisata di TN Kutai.

Siswa-siswi menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan pengaplikasian langsung dari materi pelajaran yang diterima di sekdolah sehingga dengan melakukan  kegiatan ini, ilmu dan pengalaman semakin bertambah. Kepala SMK Kehutanan Negeri Makassar menyatakan bahwa TN Kutai merupakan lokasi yang sangat representatif sebagai tempat praktek. Beliau juga mengatakan bahwa SMKK Negeri Makassar memilih TN Kutai sebagai tempat praktek untuk memperkaya khasanah karena Indonesia sangat beragam sehingga siswa/siswi nantinya jika bekerja di lingkup kehutanan akan siap ditempatkan dimana saja.

"Saya harap kegiatan ini akan berjalan terus dan menunggu jika masih ada siswa-siswi SMKK Negeri Makassar bahkan sekolah lain yang akan melaksanakan magang di TN Kutai” ujar Nur Patria Kurniawan, Kepala Balai TN Kutai. Beliau juga berpesan kepada siswa - siswi jika dalam bekerja harus bekerja ikhlas, bekerja keras, dan bekerja cerdas begitupun dalam belajar, siswa-siswi harus belajar ikhlas, belajar keras dan belajar cerdas. Dilanjutkan kepala SPTN wilayah II Tenggarong Bapak Syaiful Bahri bahwa apapun yang dilakukan jiwa korsa harus tetap dijaga.

Sumber : Balai TN Kutai

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini