Telaga Itu Ditemukan Di Puncak Pegunungan Cycloop

Sabtu, 13 Januari 2018

Jayapura, 13 Januari 2018. Hari Jumat 12 Januari 2018 BBKSDA Papua menerima kunjungan Tim Yabahei Hikers (Kelompok Pemuda Pendaki Peg. Cycloop). Tim tersebut berhasil menemukan Telaga Cyrayahi di puncak pegunungan Cycloop (ketinggian 1480 m) pada hari Rabu tanggal 26 Desember 2017 pukul 17. 10 WIB, dengan luasan telaga ± 0,5 Ha, dan kedalaman ± 12 m.
Tim ini merupakan Club Kepanduan Advent bernama PATHFINDERS CLUB dan melakukan ekspedisi secara mandiri dan penemuan ini merupakan ekspedisi yang kedua setelah sebelumnya pada bulan April 2017 melakukan Ekspedisi pertama (belum menemukan fisik telaga, hanya kelihatan indikasi keberadaannya pada google map/citra sattelite).
Mereka melaporkan bahwa Ekosistem disekitar telaga masih asli alami ditandai dengan pohon-pohon yang berlumut dan belum ditemukan adanya aktivitas manusia yang sampai di telaga ini. Adapun satwa yang sempat ditemukan oleh tim pendaki adalah Tikus Putih dan Burung Nuri. Telaga ini dinamakan Telaga Biru Cyrayahi karena telaga ini penampakan dari jauh berwarna biru dan Cyrayahi merupakan akronim dari Cycloop Ralibhu Yabahei Hikers.
BBKSDA Papua sangat mengapresiasi penemuan ini dan berencana mengadakan ekspedisi bersama dan NGO dan stakeholder terkait. Adapun jalur pendakian dalam penemuan telaga ini dapat dijadikan referensi menjadi blok khusus (jalur pendakian untuk ekspedisi, penelitian, pendidikan) dalam RP CA. Peg Cycloop.
Penulis : Tim Humas BBKSDA Papua

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini