Operasi Bersih (Clean Up) Sampah Pendakian Semeru TNBTS

Malang, 12 Januari 2018, Pada tanggal 5 – 6 januari 2018, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melaksanakan kegiatan pembersihan jalur Pendakian Gunung Semeru. Kegiatan ini dilaksanakan pasca penutupan jalur pendakian oleh pihak TNBTS. Penutupan jalur penutupan jalur pendakian ini sendiri bertujuan untuk rehabilitasi dan pembersihan jalur pendakian yang banyak dilewati oleh pendaki.

Pada kegiatan pembersihan jalur pendakian semeru kali ini, area yang diutamakan untuk pembersihan adalah kawasan Ranu Kumbolo. Ranu kumbolo diutamakan dalam pembersihan kali ini karena, tempat ini  merupakan area yang biasa dijadikan tempat mendirikan perkemahan bagi para pendaki sebelum melanjutkan pendakian menuju ke Kalimati.

Dalam kegiatan ini, Staff TNBTS tidak hanya melakukan kegiatan pembersihan sendiri. Banyak elemen – elemen masyarakat lain yang membantu kegiatan pembersihan tersebut. Pihak – pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan bersih – bersih tersebut antara lain TNI Kodim Lumajang, Koramil Senduro, Polri Lumajang, Puskesmas Senduro, Saver, Tumpang Camp, Gimbal Alas, Paguyuban Porter, Kelompok Belajar Lingkungan Desa Ranu Pani, dan Paguyuban PKL.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Tengger Semeru

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini