BERBAGI PERAN BERSAMA MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WISATA TAMAN NASIONAL KUTAI

Bontang (5/1/18). Dalam waktu dekat, Balai Taman Nasional Kutai akan membuka satu objek wisata alam baru yang berlokasi di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Objek wisata alam yang mengangkat hutan mangrove sebagai potensi utama ini bernama Bontang Mangrove Park. Berbeda dengan beberapa objek wisata lain di Kota Bontang yang juga berbasis mangrove, Bontang Mangrove Park akan lebih menekankan pada wisata yang mengedepankan konservasi, edukasi dan adventure. 

Letak Bontang Mangrove Park yang berbatasan langsung dengan masyarakat menjadikan Balai Taman Nasional Kutai harus lebih banyak berkoordinasi dengan masyarakat, sehingga keberadaan Bontang Mangrove Park nantinya tidak menjadi potensi masalah di masyarakat, namun justru memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, dalam rangka berbagi peran dalam pengelolaan Bontang Mangrove Park, pada hari Kamis tanggal 4 Januari 2018, Balai Taman Nasional Kutai mengundang para pihak yang diharapkan dapat bekerjasama dalam menjaga dan mengelola objek wisata alam tersebut. Pihak-pihak yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Bontang, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Bontang, Polsek Bontang Utara, Pangkalan TNI AL, Kecamatan Bontang Utara, Kelurahan Bontang Baru, Kelurahan Bontang Kuala, Babinkamtibmas, Kelompok Masyarakat Kreatif Pesisir dan Ketua RT di sekitar Bontang Mangrove Park.
Dengan adanya pertemuan tersebut, seluruh pihak diharapkan dapat saling mendukung dalam pengelolaan Bontang Mangrove Park. Kehadiran Bontang Mangrove Park pun nantinya dapat menjadi menjadi sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar Taman Nasional Kutai tersebut. Dengan peningkatan ekonomi, maka masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaat dari keberadaan Taman Nasional Kutai, sehingga selalu akan tumbuh rasa peduli dan keinginan untuk menjaga dan melestarikannya.#TN Kutai

Sumber: TN Kutai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini