Sebangau for Community, Berbagi Bersama Masyarakat

Palangka Raya, 15 November 2017. Dermaga Kereng Bangkirai sebagai pintu masuk ke kawasan TN Sebangau kini tengah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Palangka Raya. Setahun belakangan ini Kereng Bangkirai terus berbenah, masyarakat sebagai pelaku wisata bersemangat menghias rumah-rumah mereka yang tersusun disepanjang tepian Sungai Sebangau dengan cat warna warni hingga terlihat rapi dan mempesona. Masyarakat juga menyediakan berbagai fasilitas penyewaan jasa wisata wahana air serta kuliner. Penyediaan sarana dan prasarana wisata pun terus ditingkatkan oleh Dinas Pariwisata setempat. Bahkan sejak tahun 2017 telah dibentuk kelompok getek wisata yang secara terpadu menyediakan jasa penyewaan kendaraan air sekaligus menjadi guide untuk pariwisata alam ke TN Sebangau.

Keinginan masyarakat untuk menjadikan kawasan Sungai Sebangau menjadi objek wisata sejalan dengan program TN Sebangau yang terus mengembangkan ekowisata sebagai salah satu program pemanfaatan kawasan. Untuk itu TN Sebangau pun terus bersinergi dengan staekholders terkait dalam promosi wisata alam, peningkatan sarana prasarana di dalam kawasan serta peningkatan kapasitas melalui berbagai kegiatan. Program “Sebangau for Community” adalah salah satu program yang baru dirintis oleh TN Sebangau. Program yang bertujuan memberikan edukasi khususnya keterampilan Bahasa Inggris bagi pelaku wisata di Kereng Bangkirai dan merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Dirjen KSDAE ketika berkunjung ke TN Sebangau. Melibatkan relawan dari Universitas Palangka Raya serta Dinas Pariwisata Kota Palangka Raya, Balai TN Sebangau memulai kegiatan tersebut pada hari Selasa 14 November 2017 yang berlokasi di Tribun Dermaga Kereng Bangkirai. Diikuti oleh 15 orang yang terdiri dari kelompok masyarakat penyedia jasa wisata dan guide, program dimulai dengan materi dasar pengenalan kosa kata Bahasa Inggris yang umum dan berkaitan dengan kegiatan pemanduan. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, pembelajaran yang berlangsung santai ini dilaksanakan tidak kurang dari 2 jam.

Dijadwalkan program Sebangau for Community ini akan dilaksanakan rutin setiap minggu di tempat yang sama. Bagi relawan yang ingin ikut berkontribusi menjadi pengajar dapat menjadi volunteer dan menghubungi staf Balai TN Sebangau untuk dapat berbagi ilmu bersama masyarakat. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik serta menjadi media penyadartahuan bahwa konservasi tidak hanya untuk hutan yang lestari namun dapat memberi manfaat dan kontribusi untuk masyarakat disekitar kawasan.

Sumber : Susan, Yoko, Novi - Balai TN Sebangau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini