Jala Misterius Jamur Phallus indusiatus

Minggu, 05 November 2017

5 November 2017. Jamur merupakan organisme yang hidup diberbagai belahan dunia. Organisme sangat membutuhkan kelembapan dan sedikit cahaya dalam pertumbuhanya. Awal musim hujan adalah waktu yang tepat untuk melihat berbagai jenis jamur unik di hutan – hutan tropis Sumatera.

Salah satu jenis jamur unik penghuni dasar hutan Sumatera Selatan adalah jenis jamur Phallus indusiatus. Jamur ini bisa di temukan mulai dari Asia, Afrika, Australia hingga Amerika. Keunikan jamur ini adalah terdapat struktur menyerupai jala yang menutupi batang tubuhnya.

Jala misterius yang muncul menyelimuti batang utama pada bagian bawah tudung jamur, sebenarnya merupakan struktur yang berfungsi untuk menarik perhatian mahluk penyerbuk. Bentuk jala yang menyerupai rumah lebah ini memiliki warna yang beragam, mulai dari warna putih, merah muda bahkan orange terang. Spora tudung jamur juga dilengkapi cairan lengket yang berguna untuk menarik perhatian lalat maupun serangga lainya untuk hinggap dan memakan spora dan secara tidak sadar mereka turut serta menyebarkan spora tersebut.

Jamur ini dapat tumbuh dimana saja khususnya pada tanah yang kaya akan unsur hara maupun dibawah batang kayu yang membusuk. Diperkirakan terdapat empat spesies yang tumbuh di Indonesia antara lain, Phallus indusiatus, jamur jenis ini memiliki jala yang pada umumnya berwarna putih namun terkadang ditemukan berwarna kuning. Yang hampir serupa dengan P. Indusiatus adalah spesies jamur Phallus duplicatus yang memiliki ukuran jala yang lebih pendek dan juga berwarna putih. Berbeda dengan dua spesies jamur sebelumnya jenis jamur Phallus multicolor ini memiliki jala yang yang berwarna merah muda terang namun ukuran batang tubuh lebih kecil dan pendek sedangkan spesies yang terakhir adalah Phallus luteus yang memiliki warna jala kuning terang.

Masih sangat sedikit penelitian mengenai jenis dan manfaat dari berbagai jenis jamur yang tumbuh di Nusantara. Semoga dengan adanya berbagai penelitian yang dilakukan dapat menemukan hal yang bermanfaat dari organisme yang kita sebut sebagai jamur ini bagi kemaslahatan manusia.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini