Resor Balocci Bimbing Kelompok Ekowisata Pendakian Gunung Bulusaraung

Senin, 23 Oktober 2017

Pangkep, 23 Oktober 2017. Resor Balocci gelar kegiatan bimbingan teknis dan supervisi tata kelola ekowisata pendakian Gunung Bulusaraung pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2017. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memberikan pendampingan terhadap Kelompok Pengelola Ekowisata Dentong yang merupakan mitra Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di Balai DesaTompobulu, Balocci, Pangkep.

Bimbingan teknis ini fokus pada upaya peningkatan pelayanan pengunjung. “Sejak Tahun 2016, pelayanan pengunjung Gunung Bulusaruang sudah tercantum dalam standar operating procedure (SOP) dan dilegalkan dalam peraturan Desa Tompobulu. Kami berharap SOP ini dapat dilaksanakan secara menyeluruh baik oleh taman nasional, Kelompok Pengelola Ekowista Dentong, maupun pemerintah Desa Tompobulu,” kata Iqbal Abadi Rasjid, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balocci.

Selain pendampingan dari Seksi Wilayah I, turut hadir dari kelompok kerja pelayanan dan kerjasama. “Ke depan kerjasama antara Kelompok Pengelola Ekowisata Dentong dengan taman nasional akan dilegalkan dalam MoU. MoU tersebut akan diperbarui, dipahami, dan dilaksanakan oleh kedua belah pihak,” tutur Rahma Dewi, Koordinator Kelompok Kerja Pelayanan dan Kerjasama taman nasional.

Pelayanan pengunjung Gunung Bulusaraung sudah berlangsung selama lebih dari 6 tahun, sehingga perlu ditingkatkan menjadi lebih baik. Gunung Bulusaraung merupakan salah satu dari tujuh tempat wisata kunci Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang dikenalkan dengan istilah seven wonders. Data kunjungan tahun 2016 sebanyak 7 ribu orang yang rata–rata merupakan wisatawan nusantara dengan trend yang meningkat.

Inisiasi pelibatan aktif masyarakat dalam tata kelola ekowisata di Tompobulu telah dirintis taman nasional ini sejak tahun 2009. Wujud partipasi masyarakat tersebut dengan membentuk Kelompok Pengelola Ekowisata Dentong untuk mengelola pendakian Gunung Bulusaraung.

Semoga dengan bimbingan teknis ini pelayanan terhadap wisatawan pendakian Gunung Bulusaraung lebih baik lagi.

Sumber : Erista Murpratiwi – Penyuluh Kehutanan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini