Jelajah Wisata Merapi 2017

Minggu, 10 September 2017

Pakem, 10 September 2017. Jelajah wisata Merapi 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sleman bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Event ini dilaksanakan pada hari Minggu, 10 September 2017 di Tritis dan Turgo, desa Purwobinangun, Kec Pakem.

Event ini memperkenalkan potensi desa wisata di lereng Merapi sisi selatan. Tema event kali ini adalah “Pesona Flora Lereng Merapi” dengan kegiatan berupa tracking menyusuri perkampungan, tepi sungai hingga ke kawasan konservasi TNGM.

Sebanyak 1000 peserta berjalan bersama sepanjang 8 kilometer, dengan kewajiban melalui 5 (lima) pos untuk mendapatkan stempel sebagai bukti. Juga ada kewajiban bagi masing-masing peserta untuk memungut sampah di sepanjang perjalanan. 

Pada kesempatan ini, hadir dan bergabung bersama peserta lain, Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo, M.Si didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra Hj Sudarningsih, M.Si, juga Kepala Dinas Kebudayaan, HY Aji Wulantara, S.H, M.Hum serta Kepala SPTN Wilayah I BTNGM, Nurpana Sulaksono, S.Hut, MT.

Event ini menjadi menarik, karena peserta menembus kabut tebal eksotis di hutan bambu Taman Nasional Gunung Merapi di area Tritis, yang sekaligus memperkenalkan jenis flora dan fauna lereng Merapi. Juga sebagai ajang edukasi dan informasi ke masyarakat umum tentang keberadaan Taman Nasional Gunung Merapi. 

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) menerangkan tentang flora yang ada di TNGM, baik jenis bambunya, jenis anggrek yang ada, hingga jenis-jenis lainnya.

Keseluruhan peserta dapat mencapai garis finish dengan selamat, dan banyak dari para peserta yang menanti kegiatan sejenis di masa yang akan datang. Jadi masih tertarik untuk tracking di kawasan TNGM? Ayo kenali dan cintai negerimu dengan cara yang baik dan benar.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini