Pendaftaran Sertifikasi Insinyur Profeisional

Jakarta, 3 Agustus 2017. Balai Kejuruan Teknik Kehutanan - Persatuan Insinyur Indonesia (BKTHut-PII) bekerjasama dengan PII Pusat secara periodik melakukan pendaftaran dan kegiatan Program Pembinaan Profesi Insinyur /Lokakarya Sertifikasi Insinyur Profeisional (P3I/LSIP) untuk terus menerus mengembangkan kehadiran Insinyur Profesional Kehutanan.

Hingga saat ini telah 690 orang yang mendaftarkan diri, meliputi rekan - rekan yang bekerja di birokrasi Pusat dan Daerah, perguruan tinggi, perusahaan, Konsultan, penyuluh, peneliti dan lembaga swadaya masyarakat.

Perkembangan ini mengokohkan kehadiran profesi Rimbawan bagi Bangsa Negara Kita tercinta. Sebagaimana yang telah dimiliki oleh Filipina tahun 1971, Vietnam tahun 1985, Malaysia tahun 1979. Di Lingkup ASEAN kita yang terakhir memiliki Profesi Insinyur Kehutanan sejak berdirinya BKTHut-PII yang disahkan dalam Kongres PII XX tanggal 12 Desember 2015.

Hal ini memberikan kontribusi kesiapan kita dalam memasuki MEA (Masyarat Ekonomi ASEAN). Kini BKTHut-PII telah memiliki 63 Insinyur Professional, dengan kualifikasi Insinyur Professional Pratama (IPP), Insinyur Profesional Madya (IPM), dan Insinyur Profesional Utama (IPU).

Anggota yang lain dalam proses melengkapi persyaratan teknis administrasi, keuangan, proses CV dan Formulir Aplikasi Insinyur Profeisional (FAIP) serta yang telah siap untuk penilaian FAIP. Gaung kehadiran profesi Insinyur Profesional Kehutanan terus bergema di pelosok Tanah air. BKTHut juga bergema di dunia Internasional, baik di lingkup ASEAN dengan kehadiran pertama kalinya dalam sidang ASEAN Federation of Engineers Association (AFEO) dan melalui kerjasama antara BKTHut-PII dengan University of Sunshine Coast, Queensland -Australia, juga termasuk kerjasama dengan Institute of Foresters of Australia (IFA).

Insinyur Profesional Kehutanan diharapkan ikut hadir dalam konferensi ASEAN Federation of Engineers Association (AFEO) ke 35 tgl 16-19 November 2017 di Bangkok. Aktifitas Internasional BKTHut antara lain membina jejaring Internasional, khususnya menata Insinyur Asing dalam praktek keinsinyuran Kehutanan di Indonesia, sesuai ketentuan sebagaimana di atur dalam UU 11 tahun 2014 tentang keinsinyuran.

Kehadiran BKTHut juga mewujudkan suatu tatanan "ilmu dipraktekkan dan praktek diilmukan". Kesiapan dalam menyongsong era Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI), yang dilaksanakan oleh 40 Perguruan Tinggi penerima mandat Menristekdikti. BKTHut-PII mulai bulan September ini (semester II the 2017) segera menyelenggarakan kembali pendaftaran keanggotaan PII dan kegiatan P3I/LSIP.

Terlampir kami sampaikan link pendaftaran online dan form pendaftaran.

Sumber : Tonny Hari Widiananto - Ketua BKTHut-PII

Formulir Anggota (utk Cetak) new2017@_2 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeVFRo-catZK5wQSEw8c1p51ViB90BYuUrf5sk0kFmC4SYxmQ/viewform

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini