Diduga Sakit, BBKSDA Riau Pantau Keberadaan Gajah Liar

Rabu, 23 November 2022 BBKSDA Riau

Pekanbaru, 21 November 2022 - Tim Wilidlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya dugaan gajah sakit dan segera melakukan pemantauan di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Kamis (17/11).

drh. Dhanang Estu Bagyo dari tim WRU bergabung dengan Resort Bukit Rimbang yang dipimpin Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah. Dari hasil informasi, posisi terakhir gajah yang diduga sakit berada di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kampar. Namun setelah di lokasi, didapat informasi bahwa gajah sudah bergerak menuju Desa Muara Selaya.

Tanda kehadiran gajah berupa feses atau kotoran ditemukan di beberapa lokasi pada jalan menuju ke Desa. Lokasi terakhir gajah diketahui berada di areal hutan lindung dengan kontur habitat berupa perbukitan, namun gajah tidak terlihat. Untuk sementara Tim menyimpulkan bahwa gajah dalam kondisi sehat berdasarkan informasi dari masyarakat 4 desa yang berjumpa dengan gajah tersebut. Masyarakat tidak melihat kelainan pada gajah dan berdasarkan jalur jelajah gajah yang diikuti oleh Tim, dengan jalur di Desa Muara Selaya yang berupa perbukitan dengan tingkat kelerengan cukup curam, gajah mampu melewati jalur tersebut. Ini mengindikasikan bahwa gajah dalam kondisi sehat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini