Pantau Kemunculan Buaya, Perangkap dan Umpan Disiapkan

Selasa, 22 November 2022 BBKSDA Riau

Pekanbaru, 21 November 2022 - Mitigasi interaksi negatif antara manusia dan satwa liar buaya di PT RAPP Estate Pelalawan, Kec. Pelalawan, Kab. Pelalawan dilakukan pada Selasa hingga Kamis,15 sd 17 November 2022. Balai Besar KSDA Riau turun bersama petugas dari PT. RAPP untuk menindaklanjuti laporan kemunculan buaya yang mengganggu aktivitas di areal konsesi PT RAPP Estate Pelalawan.

Survey dilakukan pada kanal KM-28 untuk pemasangan perangkap di lokasi kemunculan buaya. Pemasangan perangkap sekaligus umpan dilakukan untuk dapat mengamankan satwa, agar dapat dilepasliarkan di habitatnya yang jauh dari aktivitas masyarakat. Perangkap dan umpan dipasang di tempat sering munculnya buaya dengan aktivitas masyarakat yang tinggi yaitu, di kanal dekat jalan koridor KM 28 sebanyak 2 buah, di lokasi kanal dekat jalan koridor akses angkut kayu perangkap dan umpan berjumlah 4 perangkap dalam 1 titik kanal.

Setelah melakukan survey lokasi kemunculan buaya dan pemasangan perangkap buaya, tim berpatroli siang dan malam hari sekaligus pengecekan perangkap yang sudah diaktifkan. Sampai dengan hari terakhir, belum ada buaya yang masuk dalam perangkap.

Tim meminta  PT RAPP agar melakukan penambahan pemasangan papan peringatan satwa buaya terutama di lokasi yang baru, pembersihan areal sekitar kemunculan buaya terutama di titik kedua, pemantauan atau monitoring rutin di semua perangkap yang telah dipasang dan sosialisasi agar tidak memancing dan selalu waspada ketika melakukan kegiatan lainnya di sekitar tempat kemunculan buaya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini