Diduga Harimau Sumatera, BBKSDA Riau Cek Lokasi

Pekanbaru, 23 September 2022 - Resort Kerumutan Utara (Pos Kopau), Seksi Konservasi Wilayah I Balai Besar KSDA Riau bersama Kapolsek Kerumutan dan 2 orang anggotanya serta masyarakat melakukan mitigasi konflik di wilayah Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Kamis (15/9).

Ini merupakan respon cepat Seksi Konservasi Wilayah I terhadap laporan warga terkait satwa liar yang diduga harimau sumatera. Berawal dari warga bernama bapak Arman sedang menjemput buah sawit memakai mobil pada hari Senin, 12 September 2022 pukul 15.00 WIB ke kebun sawit milik salah satu warga (beliau adalah seorang anggota pekerja toke sawit) dan melihat ada seekor satwa sebesar kambing mempunyai belang berwarna oren hitam, memiliki ekor panjang yang bengkok ke atas, dan kaki sebelah kanannya pincang, beliau menduga itu adalah harimau sumatera.

Dari laporan tersebut, Tim gabungan melakukan pengecekan di lapangan dan mencari jejak namun tidak ditemukan tanda keberadaan harimau sumatera. Ditemukan jejak satwa namun diduga bukan jejak harimau sumatera. Satwa yang dilihat bapak Arman diduga bukanlah harimau sumatera namun seekor macan dahan. Untuk memastikan kebenaran laporan, 1 unit Camera Trap (CT) dipasang pada lokasi perjumpaan satwa. Tim gabungan juga melakukan sosialisasi dan meminta bapak Arman serta warga lainnya untuk terus berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau jika masih menjumpai satwa tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini