Pesona Karimata bersama Nudibranchia

Kamis, 03 Agustus 2017

Kata nudibranchia berasal dari gabungan kata bahasa Latin nudus yang berarti telanjang, dan kata bahasa Yunani brankhia yang berarti insang. Kelompok ini memang memiliki insang yang dapat dilihat dengan mata karena tidak tersembunyi di dalam tubuh. Dalam bahasa Indonesia, hewan ini dikenal dengan nama kelinci laut atau "sea rabbit".
 
Nudibranchia memiliki kepala bertentakel, yang sangat sensitif terhadap sentuhan, rasa, dan bau. Seperti siput darat, ia memiliki rhinophora berbentuk seperti pentungan dan berperan untuk mendeteksi bau. Bentuk tubuh bervariasi. Ukuran berkisar antara 40 hingga 600 mm. Mereka terdapat di seluruh dunia pada semua kedalaman, tetapi mereka mencapai ukuran terbesar dan bervariasi pada perairan hangat dan dangkal.
 
Di antara mereka, dapat ditemukan makhluk paling berwarna-warni di bumi. Karena siput air, mereka berevolusi lalu kehilangan cangkang mereka, mereka perlu mencari cara melindungi diri dengan kamuflase, melalui warna yang membuat mereka tidak kelihatan atau menakuti predator karena rasanya tidak enak atau beracun. Nudibranchia merupakan salah satu hewan favorit bagi underwater macro photografi.
 
Sumber Info : Balai KSDA Kalimantan Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini