Team Siaga Dalkarhut Manggala Agni Kendalikan Api di TN Gunung Rinjani

Jumat, 24 Juni 2022

Sembalun, 23 Juni 2022. Kebakaran terjadi dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di wilayah Dasan Petung Desa Sembalun Timba Gading, Wilayah Resort Sembalun Seksi Pengelolaa Taman Nasional (SPTN) Wilayah II, Rabu (22/6). Kebakaran terjadi di titik koordinat  08°32'25.73" S 116°29'59.82" dengan luas areal terbakar sekitar 3,4 Ha dan dipenuhi vegetasi yang mudah terbakar seperti rumput semak, perdu, alang-alang dan dedaunan kering. Lokasi kebakaran memiliki tofografi yang bertebing dan agak curam, kecepatan angin yang relatif tinggi dan vegetasi yang mudah terbakar menjadi beberapa faktor Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) tersebut menjadi cepat meluas. Api dapat dikendalikan oleh Team Siaga Dalkarhut Manggala Agni BTNGR setelah team melakukan mop up

Informasi kebakaran berawal dari laporan masyarakat kepada petugas terkait adanya kebakaran hutan di dalam kawasan TNGR.  Petugas Balai TNGR bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) bertindak responsif atas laporan karhutla  dari masyarakat dan langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman sekitar pukul 13.15 WITA sampai api berhasil dipadamkan pada pukul 15.30 WITA. 

Belajar dari kejadian tersebut, memasuki musim kemarau tahun ini sangat di himbau bagi para pengunjung dan sahabat pendaki untuk bijak dalam menggunakan api saat memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, dan pastikan api yang digunakan benar- benar telah padam sebelum meninggalkan kawasan. Mari kita jaga keutuhan dan kelestarian kawasan Rinjani, dengan bersama - sama mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini