Pantau Pergerakan Illegal Fishing Dengan Pendekatan Humanis

Labuan Bajo, 10 Juni 2022. Resort Loh Wau Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo tanggap mencegah adanya aktivitas illegal fishing di kawasan perairan Komodo bagian selatan saat rutinitas penjagaan pos jaga dilaksanakan akhir Bulan Mei 2022 silam. Petugas Resort Loh Wau aktif melaksanakan patroli perairan sebagai perwujudan aksi preventif pengamanan hutan pada area kerja Resort Loh Wau.

Kawasan perairan Loh Wau diketahui menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Banyaknya jumlah nelayan yang beraktivitas di perairan Pulau Komodo bagian selatan ini perlu diawasi rutinitasnya oleh Petugas Resort Loh Wau. Hal ini diperlukan untuk menekan adanya peluang pencurian ikan/pengambilan hasil laut berlebih tanpa melapor ke pos jaga terdekat.

Muhammad Fajri, Syukur, dan Suwendi Iskandar Bubang (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wau) berhasil memeriksa setidaknya 5 kapal nelayan asal Kecamatan Sape (Nusa Tenggara Barat) dan Pulau Messah (Nusa Tenggara Timur). Kelima kapal yang diperiksa petugas diketahui melakukan aktivitas memancing di perairan Loh Gong (Pulau Komodo) dan Loh Belanda (Pulau Komodo). Petugas kemudian mengedukasi para nelayan untuk tidak melakukan aktivitas illegal fishing, memberikan pemahaman terkait sistem zonasi Taman Nasional Komodo yang berlaku, dan melarang nelayan untuk memancing di lokasi-lokasi selam dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Petugas Resort Loh Wau mengedepankan pendekatan humanis saat berinteraksi dengan nelayan. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan memperkuat hubungan kepercayaan antara masyarakat dengan petugas Balai Taman Nasional Komodo. Petugas berharap hubungan tersebut dapat melahirkan simbiosis mutualisme antar keduanya dan dapat mendukung pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo lebih kolaboratif lagi kedepannya.

Sebagai rutinitas resort-based management (RBM), petugas Resort Loh Wau turut melakukan pendataan nelayan dengan aplikasi Cyber Tracker. Data ini kemudian dikompilasi dalam satu kesatuan data terintegrasi pada sistem SMART Patrol Balai Taman Nasional Komodo. Dengan dikumpulkannya data perjumpaan flora dan fauna serta sosial kemasyarakatan secara konsisten, pengambilan keputusan dan kebijakan Balai Taman Nasional Komodo dapat dirumuskan secara ilmiah sehingga kualitas pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo dapat semakin ditingkatkan kedepannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wau - Syukur (+6282147541781)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678) dan Polisi Kehutanan Ahli Pertama - Arif Ardianto Sofian, S.Si. (+6285713254775)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini