Optimalisasi Penjagaan Di Desa Papagarang

Labuan Bajo, 5 Juni 2022. Resort Papagarang Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo mengadakan patroli pengamanan kawasan tingkat resort selama penjagaan rutin mulai tanggal 18 – 29 Mei 2022. Salah satu perwujudan kegiatan pengelolaan di tingkat tapak adalah dengan menyelenggarakan patroli pengamanan kawasan tingkat resort sebagai bentuk implementasi fungsi perlindungan dan pengamanan guna mendukung kelangsungan makhluk hidup dan ekosistem di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, termasuk di Resort Papagarang.

Resort Papagarang melaksanakan patroli pengamanan kawasan pada tangga 19 dan 26 Mei 2022 oleh Rafael F. A. Putra bersama dengan mahasiswa D-III Kehutanan Politani Negeri Kupang dan siswa magang dari Prodi Selam Bahari dan Ekowisata SMKN 3 Komodo. Pelibatan para pelajar dalam kegiatan patroli ini dimaksudkan untuk memperkenalkan rutinitas jagawana dalam menjaga kelangsungan ekosistem secara langsung di tingkat tapak.

Patroli kali ini, tim berjalan kaki ke arah timur dan barat dari Pos Jaga untuk mengobservasi dinamika ekosistem di Pulau Papagarang Besar. Tim bermaksud memantau perkembangan bibit kedongdong hutan (Spondias pinnata) yang ditanam di wilayah Pulau Papagarang Besar seluas 75 Ha. Tim patroli berusaha mengusir ternak warga yang berkeliaran bebas di area tanam dan menjadi faktor gangguan utama terhadap tumbuh kembang tanaman tersebut. Kebakaran hutan juga merupakan potensi gangguan di Pulau Papagarang dimana cuaca kering dan curah hujan yang rendah membuat wilayah ekosistem pulau ini rentan terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran hutan.

Selama berkegiatan, tim tidak menemukan adanya aktivitas yang mengindikasikan penyalahgunaan maupun pengrusakan kawasan. Pendataan satwa dan tumbuhan pun dilakukan sebagai rutinitas kegiatan Resort-Based Management (RBM) setiap resort jaga di tingkat tapak. Kegiatan patroli pengamanan kawasan serta penyuluhan konsisten dilaksanakan oleh Resort Papagarang untuk memperkuat upaya penjagaan dalam rangka perlindungan dan pengamanan hutan.

Resort Papagarang merupakan salah satu diantara empat resort pengelolaan yang berada dalam wilayah permukiman dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Resort ini didirikan di wilayah Desa Papagarang, Pulau Papagarang Besar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Papagarang Besar membentang seluas 803 Ha dan berukuran relatif kecil dibandingkan dengan pulau-pulau utama lainnya di dalam kawasan.   Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Desa Papagarang, jumlah penduduk di Desa Papagarang pada tahun 2020 mencapai 1.541 jiwa yang tersebar bermukim di tiga kampung dan sembilan Rukun Tangga (RT).

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor: SK.212/KSDAE/SET.3/KSA.o/11/2020 tanggal 6 November 2020 tentang Zonasi Taman Nasional Komodo, Pulau Papagarang termasuk ke dalam Zona Khusus Permukiman. Pulau ini didominasi oleh ekosistem sabana yang kering dan dikelilingi oleh ekosistem mangrove dan lamun yang rapat dan sehat. Satwa yang seringkali dijumpai di wilayah kerja Resort Papagarang antara lain: elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), gagak kampung (Corvus macrorhynchos), kekep babi (Artamus leucorynchus), kacamata wallacea (Zosterops wallacei), dan cekakak sungai (Todirhampus chloris). Masyarakat sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan para perempuan di desa biasanya mengumpulkan teripang serta membuat ikan kering asin untuk diperjualbelikan kepada di pasar atau pengepul di Labuan Bajo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Papagarang - Rafael A. Putra (+6281246145908)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini