Penangkaran Rusa Kelompok Masyarakat “Mammetang” Dukung Beroperasinya Taman Buru Ko’mara

Selasa, 14 Juni 2022

Makassar, 14 Juni 2022. Prodi Konservasi Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin bersama dengan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melalui petugas resort Ko’mara, dan PT Pertamina (Persero) TBBM Makassar, melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di kelompok masyarakat “Mammetang”, Desa Cakura, Kabupaten Takalar, pada tanggal 12 Juni 2022. Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan mengambil tema “Peningkatan kapasitas dan peran masyarakat dalam penangkaran rusa untuk mensuplai rusa buruan di Taman Buru Ko’mara”. Kegiatan tersebut relevan dengan bidang tugas Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, yaitu pengelolaan kawasan konservasi Taman Buru Ko’mara yang berada di Kabupaten Takalar.

Kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dihadiri oleh Ketua Prodi Konservasi Hutan Prof. Dr. Ir. Ngakan Putu Oka., M.Sc dan tim, PT Pertamina (Persero) TBBM Makassar, Kepala Desa Cakura, Anggota Kelompok Mammetang/ penangkar rusa, dan petugas Resort Ko’mara Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan. Materi kegiatan disampaikan oleh beberapa narasumber, yaitu Kepala Resort Ko'mara dengan materi "Penangkaran Rusa dan Permasalahannya", Prof Amran Achmad dengan tema “Peran masyarakat dalam penangkaran rusa untuk meningkatkan populasi rusa Taman Buru K’omara”, dan Dr. Drh Dwi Kesumasari, APVet mengenai kesehatan rusa.

Program Pengabdian Masyarakat Fahutan UNHAS dalam bentuk peningkatan kapasitas dan peran masyarakat terhadap penangkaran rusa sangat mendukung salah satu sasaran kerja Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, yaitu beroperasinya Taman Buru Ko’mara. Untuk  mewujudkan sasaran kerja tersebut, sejak tahun 2018, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan telah membina kelompok pemberdayaan masyarakat Mammetang agar ikut berperan aktif dalam pengelolaan kawasan konservasi TB Ko’mara. Langkah selanjutnya pada tahun 2019, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) TBBM Makassar dalam hal pengembangbiakan Rusa Timor (Rusa timorensis) di Desa Cakura Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar dengan menggandeng Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Mammetang” sebagai penangkar rusa. Tujuan utamanya adalah untuk mensuplai rusa buruan di Taman Buru Ko’mara. Konsep yang dikembangkan dalam kerjasama ini adalah Tata Kelola Penangkaran Rusa Berbasis Rakyat Terintegrasi dan Berkelanjutan (TALAPARUSI) yang merupakan konsep konservasi satwa jenis Rusa Timor melalui penangkaran dengan prinsip 3K yaitu Kemitraan, Kelestarian dan Kesejahteraan.

Point utama dari hasil diskusi selama kegiatan berlangsung adalah pentingnya kolaborasi para pihak yakni Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, akademisi, swasta dalam hal ini PT Pertamina (Persero) TBBM Makassar, dan masyarakat di sekitar TB. Ko’mara, dalam rangka meningkatkan populasi rusa melalui kegiatan penangkaran rusa. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung selama satu hari ini diakhiri dengan kunjungan ke penangkaran rusa rakyat Kelompok Mammetang.

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi Konservasi Hutan, Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin, merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan tujuan agar Perguruan Tinggi dapat memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan     

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini