Rapala Anakan Orangutan yang Dievakuasi dari Areal Perkebunan PT. RAPALA

Senin, 13 Juni 2022

Anakan orangutan yang berhasil dievakuasi petugas

Besitang, 13 Juni 2022. Bermula pada Jumat, 10 Juni 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, menerima laporan dari manajemen perkebunan PT. RAPALA tentang keberadaan 1 individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di areal kebun, di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra kerjasama SOCP-YEL segera menuju lokasi areal perkebunan PT. RAPALA dan menemukan 1 individu anakan orangutan. Dari hasil pemeriksaan fisik diketahui, berjenis kelamin jantan, berusia kurang lebih 1 tahun, kondisi tubuh agak kurus, serta  ketakutan yang diduga karena berpisah dengan induknya. Anakan oranguta tersebut lantas diberi nama Rapala oleh tim Balai Besar.

Usai pemeriksaan fisik, pada hari itu juga Jumat 10 Juni 2022, sekitar pukul 23.00 Wib, dilakukan tindakan evakuasi terhadap orangutan dan menitipkannya ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Batu Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang untuk mendapat perawatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut.- Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini