Sungai Meluap, Buaya Sinyulong Masuk Kolam Warga

Pekanbaru, 9 Mei 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin Ahmad Fitriansyah melakukan evakuasi sekaligus pelepasliaran satwa dilindungi Buaya Sinyulong, Kamis (21/4).

Evakuasi berawal dari laporan Saparuddin Sinaga warga Desa Sako Margasari, Kec. Logas Tanah Darat, Kab. Kuantan Singingi ke call center Balai Besar KSDA Riau, meminta agar satwa buaya yang masuk kolam ikannya segera dievakuasi. Berdasarkan keterangan pelapor, buaya masuk ke kolam ikan miliknya saat sungai Jangke yang berada tidak jauh dari lokasi kolam meluap. Sungai tersebut memang diketahui masyarakat sebagai habitat buaya. Buaya berhasil diamankan dengan hasil identifikasi adalah Buaya Sinyulong  (Tomistoma schlegelii) jantan, memiliki panjang  225 cm dan lebar  25 cm serta dalam kondisi sehat (tidak ada luka).

Koordinasi kemudian dilakukan dengan aparat Desa Sako Margasari agar warganya berhati-hati saat beraktivitas di sungai terutama saat banjir serta segera melaporkan apabila ada kejadian yang sama. Mengingat kondisi fisik buaya cukup sehat (tidak ada luka) maka satwa tersebut langsung dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari aktifitas dan pemukiman penduduk.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini