113 Sekolah di Seluruh Indonesia Terima Penghargaan Adiwiyata

Jumat, 28 Juli 2017

SIARAN PERS
Nomor : SP.  154/HUMAS/PP/HMS.3/07/2017

 

 

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Jumát, 28 Juli 2017. Pada tahun 2017 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 113 sekolah di Indonesia, setelah tahun sebelumnya telah diberikan kepada 140 sekolah. Penghargaan ini akan diserahkan pada puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup tanggal 2 Agustus 2017 di Jakarta, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah (28/07/2017).

“Program Adiwiyata ini bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dengan program Adiwiyata, akan tercipta warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan”, tutur Helmi.

Adapun 113 sekolah Adiwiyata Mandiri yang akan diberi penghargaan terdiri dari 53 Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dua Madrasah Tsanawiyah (MTs), 19 Sekolah Menengah Atas (SMA), tiga Madrasah Aliyah (MA) dan tujuh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang berasal dari 24 provinsi dan 75 kabupaten/kota.

Program yang telah berlangsung sejak tahun 2006 ini, telah diujicobakan pada 10 model sekolah adiwiyata khusus di pulau Jawa, kemudian tahun berikutnya mulai diberlakukan secara nasional di seluruh Indonesia.

Seleksi Adiwiyata dilakukan berjenjang dan meliputi empat komponen penilaian, yaitu kebijakan sekolah/madrasah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana dan prasarana. Helmi menjelaskan, revitalisasi program adiwiyata terus dilakukan dengan merevisi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor. 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Konsep revisi peraturan tersebut saat ini menunggu pengesahan Menteri LHK.

Helmi juga berharap, revitalisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kontribusi sekolah adiwiyata, terhadap peningkatan kualitas lingkungan, serta mendukung pembangunan nasional secara berkelanjutan.

“Dalam revisi tersebut, terdapat beberapa pembaharuan, khususnya dalam proses penilaian. Mulai tahun 2018, penilaian adiwiyata akan menggunakan sistem daring. Hal tersebut untuk mendukung kebijakan pelaksanaan sistem pemerintahan melalui e-government”, jelas Helmi.

Selain penyerahan penghargaan Adiwiyata, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup juga akan diperkaya dengan Kemah Generasi Lingkungan untuk konservasi yang diikuti 250 orang siswa SMA serta 250 orang siswa SD dan SMP. (*)

Penanggung jawab berita:

Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi – 081375633330

Informasi lebih lanjut:

Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, BP2SDM Cicilia Sulastri – 0815 1100 0555

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini