Peningkatan Kapasitas Kelompok Binaan BBTNLL Di Desa Bora

Kamis, 23 September 2021

Suasana kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUB) Higira Di Desa Bora, Kabupaten Sigi.

Sigi,  22 September 2021. Bertempat di Balai Desa Bora, Kabupaten Sigi dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUB) Higira yang diinisiasi oleh Balai Besar TN Lore Lindu (BBTNLL). Kegiatan peningkatan kapasitas ini diikuti oleh pengurus dan anggota KUB Higira yang merupakan binaan BBTNLL dalam upaya pemberdayaan masyarakat di sekitar TNLL (Selasa, 21/09/2021).

Kepala Desa Bora, Kusmayadi dalam sambutannya saat membuka menyampaikan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat mengambil ilmu dan mengaplikasikannya. Selain itu, Kades Bora ini berharap  produk yang dihasilkan kelompok ini dapat dipajang di lokasi wisata yang ada di Desa tersebut.

“Kita punya obyek wisata di Bora ini, seperti pemandian air panas, dan saya harap produk yang dihasilkan kelompok in bisa dipajang di sana, jadi sinergi dengan program kita” ujar Kades Bora.

Kelompok Usaha Bersama Higira saat ini berupaya mengembangkan usaha meubelair, yang salah satu bahan bakunya adalah Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yaitu bambu. Sejalan dengan hal tersebut, hari ini dilaksanakan peningkatan kapasitas yang salah satu pematerinya dari Dinas UMKM Kabupaten Sigi dan PLUT KUMKM Kabupaten Sigi yang memberi masukan serta kiat dalam mengembangkan usaha serta branding produk yang dihasilkan sehingga bernilai lebih dan memiliki daya saing.

Pada kesempatan yang berbahagia ini dihadiri pula Kepala BBTNLL Ir. Jusman yang memberikan sambutan untuk selalu mengedepankan prinsip 3M yaitu mutual trust (saling percaya), mutual respect (saling menghormati), dan mutual benefit (saling memberikan manfaat) dalam bekerjasama.

“Prinsip 3M ini merupakan modal kita dalam bekerjasama untuk bersama mengelola Taman Nasional Lore Lindu demi mencapai tujuan bersama, yaitu kesejahteraan masyarakat dan kelestarian TNLL” ujar Ir. Jusman.

Selain itu, ditambahkan pula oleh Ir. Jusman, agar semua pihak untuk selalu bersama-sama berpartisipasi dalam mengelola TNLL untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan kita yang ada di Kabupaten Sigi. Harapannya dengan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok ini dapat berlangsung secara berkelanjutan dan menjadi rangkaian upaya dalam suksesnya pemberdayaan masyarakat di Desa Bora.

Sumber : Irham Rangga Sasmita - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini