Kolaborasi BKSDA Yogyakarta - Forum Peduli SM Paliyan Optimalkan Pengelolaan SM Paliyan

Rabu, 16 Juni 2021

Yogyakarta 16 Juni 2021. Pertemuan Forum Peduli Suaka Margasatwa (SM) Paliyan yang beranggotakan stakeholder terkait, kembali digelar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta Hari Selasa (15/6/21) di Aula SM Paliyan. Forum Peduli SM Paliyan merupakan wadah komunikasi antara BKSDA Yogyakarta dengan para pihak terkait dalam pengelolaan SM Paliyan.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 3 bulan ini membahas beberapa isu mengenai pengelolaan SM Paliyan dan kali ini mengagendakan mengenai sosialisasi kemitran konservasi di SM Paliyan. Dalam paparannya, Lurah Kepek menyampaikan mengenai optimalisasi kegiatan Forum dalam mendukung pengelolaan SM Paliyan, pengembangan sarpras pendukung Gunung Kidul sebagai destinasi wisata, serta isu konflik Monyet Ekor Panjang (MEP) – konflik antara satwa MEP dengan masyarakat sekitar SM Paliyan.

Melalui pertemuan Forum Peduli SM Paliyan ini, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menjelaskan mengenai Rencana Pembangunan Pusat Konservasi Jawa Selatan (PKSJS) di SM Paliyan. M. Wahyudi menyampaikan mengenai nilai positif pembangunan PKSJS terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan, “Pembangunan PKSJS nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program konservasi secara umum dan juga upaya pemberdayaan yang dilakukan secara bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd dan mitra kerja lainnya.” jelas M. Wahyudi.

Merespon apa yang disampaikan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, anggota forum memberikan apresiasi yang tinggi terhadap rencana pembangunan PKSJS dalam rangka konservasi satwa dengan tetap melibatkan masyarakat.  Sementara itu, terkait upaya penanganan konflik MEP, Pemkab Gunungkidul mengusulkan agar kuota tangkap MEP di DIY sebanyak 300 ekor dapat difokuskan ke Gunung Kidul.

Selanjutnya untuk mendukung kelanjutan pengelolaan SM Paliyan, anggota forum peduli SM Paliyan sangat memahami perlunya kerjasama para pihak dalam optimalisasi kegiatan bersama dengan adanya koordinasi yang baik dengan pemerintah  Kabupaten Gunung Kidul maupun para pihak terkait lainnya. Pertemuan Forum Peduli SM Paliyan ditutup dengan penandatanganan kesepakatan bersama dalam rangka sosialisasi penataan blok dan kesepakatan bersama dalam mendukung rencana pembangunan PKSJS.

Sebagai informasi, hadir dalam pertemuan ini Muspika Paliyan - Saptosari, Kalurahan Penyangga SM Paliyan (Karangasem, Karangduwet, Jetis, Kepek), perwakilan padukuhan penyangga SM Paliyan, kelompok tani binaan, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. 

Sumber : Siti Rohimah - Penyuluh Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini