Menyambung Harapan Di Tepi Gunung Abang

Kamis, 16 Maret 2023

Pasuruan, 15 Maret 2023. Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) memfasilitasi pembentukan masyarakat binaan di Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur. Kedung Pengaron merupakan salah satu desa penyangga Cagar Alam Gunung Abang yang memiliki keunikan tanah berwarna merah. Masyarakat desa tersebut umumnya berinteraksi langsung dengan cagar alam dalam bentuk pengambilan kayu bakar (rencek) dan pemanfaatan aliran air Sungai Jrinjing untuk kebutuhan domestik.

Pada kegiatan ini dibentuk kelompok binaan bernama Kelompok Konservasi Sejahtera. Nama tersebut dipilih karena memiliki makna kelompok yang dibentuk diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya tanpa merambah kawasan cagar alam. Anggota kelompok merupakan masyarakat Kedung Pengaron yang kesehariannya bersentuhan dengan kawasan konservasi. Dengan adanya kelompok konservasi ini diharapkan dapat membantu merubah kebiasaan masyarakat yang mengakibatkan tekanan terhadap cagar alam.

Kelompok Konservasi Sejahtera bersepakat untuk memulai usaha ekonomi produktif berupa budidaya ayam petelur untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat yang modal usahanya pada tahun 2023 akan difasilitasi oleh BBKSDA Jatim dan didukung oleh dana Desa Kedungpengaron. Selain usaha ekonomi produktif, Kelompok Konservasi Sejahtera juga memiliki program pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan dalam bentuk edukasi terkait fungsi lingkungan dan Cagar Alam Gunung Abang, membantu pengembangan tanaman langka yakni tumbuhan Sempu (Dillenia pentagyna) dengan dukungan informasi konservasi dari BBKSDA Jatim.

Sumber : Veve Ivana Pramesti, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan di Seksi Konservasi Wilayah VI, BBKSDA Jatim

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini