Mengenalkan Satwa Endemik Kepada Pelajar Bawean

Selasa, 24 Januari 2023 BBKSDA Jawa Timur

Bawean, 21 Januari 2023. Puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Umar Mas’ud melakukan kunjungan belajar ke penangkaran Rusa Bawean di Pudakit Timur, Sangkapura, Pulau Bawean - Kabupaten Gresik, Sabtu (21/1). Kunjungan tersebut dalam rangka belajar Project Profil Pancasial - Kearifan Lokal.

Pada kesempatan tersebut Resort Konservasi Wilayah 11 Bawean - Balai Besar KSDA Jawa Timur menyampaikan mengenai Rusa Bawean (Axis Kuhlii) yang merupakan satwa endemik yang dilindungi undang - undang dan hanya ada di Pulau Bawean. Selain itu juga disampaikan mengenai kawasan konservasi yang ada di Pulau Bawean seperti Cagar Alam Pulau Bawean dan Suaka Margasatwa Pulau Bawean.

Para siswa yang mengikuti kegiatan sangat antusias mengenai Rusa Bawean dan kawasan konservasi yang ada, hal ini tampak derasnya pertanyaan mengenai satwa endemik tersebut. Pada tahun 2018, Rusa Bawean menjadi salah satu maskot Asian Games yang dihelat di Indonesia.

Dengan adanya pembelajaran muatan lokal serta kearifan lokal ini, petugas sangat berharap para generasi muda Bawean semakin paham akan kekayaan keanekargaman hayati yang tersimpan di Pulau Bawean dan ikut menjaga kelestariannya.

Sumber : Nursyamsi, Kepala RKW 11 - BBKSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini