Cegah Karhutla, Giat Koordinasi dan Sosialisasi

Jumat, 20 Januari 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Petugas giat koordinasi dengan Koramil 007 Sosopan

Sosopan, 20 Januari 2023. Perubahan musim dari musim hujan ke musim kemarau memberi dampak bagi lingkungan. Salah satunya memungkinkan peluang terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang giat melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan juga sosialisasi kepada warga.

Seperti baru-baru ini dilakukan koordinasi dengan Komando Rayon Militer (Koramil) 007 Sosopan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, pada Rabu 18 Januari 2023. Karena sepanjang tahun 2022, telah terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Desa Huta Bargot dan Desa Janji Lobi, namun atas kesigapan instansi terkait, termasuk TNI dan Polri serta masyarakat akhirnya karhutla dapat segera diatasi.

Koordinasi yang dilakukan dimaksudkan untuk membangun sinergi agar di tahun 2023 ini peristiwa kebakaran hutan tidak terjadi lagi, khususnya di wilayah kerja Koramil 007. Kehadiran petugas Seksi Konservasi Wilayah VI disambut baik oleh pejabat di Koramil 007, Wiranto Sinaga, dan mengharapkan agar ada kegiatan patroli rutin  bersama untuk memantau, serta aktif melakukan sosialisasi kepada warga.

Sosialisasi pencegahan karhutla kepada warga

Usai berkoordinasi, petugas Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang juga melakukan sosialisasi kepada warga yang sedang berkumpul di salah satu warung. Petugas mengingatkan bahwa kebakaran hutan maupun lahan bisa terjadi secara alami dan juga terjadi akibat perbuatan manusia. Kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kehidupan, seperti terjadinya kerusakan lingkungan, terganggunya perekonomian masyarakat, dampak terhadap kesehatan dan bahkan juga berdampak kepada sosial, budaya serta politik. Oleh karena itu dihimbau kepada warga agar tidak melakukan aktivitas membakar untuk membuka lahan baru.

Sumber : Supandi, Polhut Penyelia dan Nurdiono, Pengolah Data – Resort SM. Barumun III, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini