Berseri, Kelompok Tani Sumber Jaya Dapat Bantuan Kolam dan Bibit Ikan

Rabu, 23 November 2022 BBKSDA Sumatera Utara

Kolam ikan  KT. Sumber Jaya Berseri bantuan dari PLN

Torganda, 23 November 2022. Kelompok Tani Sumber Jaya Berseri benar-benar berseri, mengapa ? Karena apa yang dicita-citakan akhirnya terkabul. Kelompok ini sangat berkeinginan memiliki kolam guna mengembangkan usaha budidaya ikan gurame dan ikan lele untuk memenuhi kebutuhan dari anggota kelompok dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian. Keinginan ini dikabulkan dengan adanya bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara yang disalurkan melalui Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui bahwa Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara telah sepakat untuk melakukan  Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang tertuang dalam surat Nomor : PKS.3501/K.3/TU/PK/ 7/2021 dan Nomor : 0076.PJ/SDM.08.04/C08000000/2021 tanggal 26 Juli 2022 tentang Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan Jaringan Listrik Hantaran Udara Tegangan Menengah dan Hantaran Udara Tegangan Rendah di Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II Desa Torganda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan di Taman Wisata Alam Holiday Resort. Salah satu dari kesepakatan kerja sama yang dituangkan dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah pemberian bantuan oleh pihak PLN, diantaranya untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Pemberian bantuan telah direalisasikan pada Jumat, 7 Oktober 2022 yang lalu, saat dilakukan kegiatan monitoring hasil pelaksanaan kegiatan kerjasama tahun pertama dengan PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara di Desa Torganda, oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dimana diserahkan bantuan sebesar Rp. 15 juta kepada Kelompok Tani Sumber Jaya Berseri untuk pembuatan kolam ikan gurame, kolam ikan lele jumbo, kolam ikan lele serta pengadaan bibit ikan gurame, lele jumbo dan lele.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan didampingi Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Sumber Jaya Berseri, disaksikan Spv. Perencanaan Sistem PLN UP3 Rantau Prapat, pada Jumat 7 Oktober 2022 yang lalu 

Sebelumnya Kelompok Tani Sumber Jaya Lestari telah mengikat kerja sama kemitraan konservasi dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) Nomor : 4966/K.3/TU/PK/10/2021 dan Nomor : 03/10/KD/2021 dalam rangka Pemberdayaan  Masyarakat Melalui Pemberian  Akses Budidaya Tradisional dan Pemungutan Hasil Hutan Bukan Kayu di Blok Tradisional Taman Wisata Alam (TWA) Holiday Resort di Desa Torganda,  Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dengan luas wilayah 80,14 hektar.

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk komitmen kepedulian dan pertanggungjawaban sosial dari PLN dalam membantu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar sebagai dampak dari adanya pembangunan jaringan listrik di Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II, Desa Torganda, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Sehingga bantuan ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi Kelompok Tani Sumber Jaya Lestari.

Untuk itu, pengurus dan anggota Kelompok Tani Sumber Jaya Lestari menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara yang sudah memfasilitasi bantuan pengadaan kolam guna mengembangkan usaha budidaya ikan gurame dan ikan lele untuk peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup anggota kelompok, serta berjanji akan bersungguh-sungguh mengembangkannya.

Sumber : A. Rizal M – Kepala Resort TWA Holiday Resort, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini