BRIGDALKAR Balai TN Tesso Nilo Berhasil Tangkap 2 Pelaku Karhutla

Jumat, 23 September 2022

Lubuk Kembang Bunga, 21 September 2022 – Brigdalkarhut Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) bersama dengan Babinkamtibmas,Babinsa dan masyarakat sekitar kenayang berhasil mengamankan 2 pelaku pembakaran kawasan TN Tesso Nilo dengan inisial nama  JM dan RM di areal Resort Lancang Kuning Air Sawan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Ukui, Pelalawan, Rabu (21/9).

Penangkapan pelaku pembakaran ini bermula pada hari Sabtu tanggal 17 September 2022 telah terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan di areal kenayang Resort Lancang Kuning Air Sawan SPTN Wilayah I LKB. Tim Brigdalkarhut TN Tesso Nilo kemudian bergegas lakukan pemadaman dan api berhasil dipadamkan secara total pada hari Rabu tanggal 18 September 2022 pukul 17.00 WIB. Pada saat dilakukan pemadaman tim tidak menemukan pelaku pembakaran diduga melarikan diri sebelum petugas tiba dilokasi.

Dua hari kemudian pada hari Selasa tanggal 20 September 2022 pukul 14.00 WIB tim petugas TN Tesso Nilo menerima laporan bahwa areal kembali mengalami kebakaran. Mendapati laporan tersebut tim langsung berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Babinsa & masyarakat sekitar kenayang untuk  bersama-sama menuju areal kebakaran. Setelah menyusun strategi, pada Rabu tanggal 21 September 2022 tim kemudian berhasil menangkap dua orang pelaku di areal kebakaran. Pada saat penangkapan, tim disebutkan sedang melakukan pemotongan kayu dan kayu tersebut dikumpulkan untuk dibakar (perun).

Dari penangkapan kedua pelaku, telah ditemukan dan diamankan barang bukti berupa mesin chainsaw, minyak pertalite, oli kotor, 2 unit sepeda motor, 2 buah pemantik api, serta 1 buah parang. Akibat perbuatan 2 pelaku tersebut, luas lahan terbakar diperkirakan mencapai 20 Hektar dan petugas masih melakukan kegiatan pemadaman. Setelah dilakukan penangkapan dan interogasi oleh tim, pelaku saat ini telah diamankan dan diproses secara hukum oleh Polsek Ukui.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini