Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Resort Padar Selatan

Labuan Bajo, 9 Juni 2022. Resort Padar Selatan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang kerap dikunjungi oleh wisatawan dari segala penjuru dunia. Tingkat kunjungan wisatawan ke Padar Selatan cenderung meningkat dari waktu ke waktu oleh karena indahnya pesona pemandangan alam yang tiada duanya.

Setidaknya 3.905 wisatawan mengunjungi Resort Padar Selatan pada tanggal 19 – 28 Mei 2022. Pada periode kunjungan ini, komposisi wisatawan didominasi oleh wisatawan nusantara dengan jumlah 2.056 orang, sedangkan wisatawan mancanegara mencapai 1.849 orang. I Komang P. Tussabat (Kepala Resort Padar Selatan/Petugas Pemungut Karcis PNBP) merekapitulasi data kunjungan tersebut dan menyampaikan bahwa lonjakan pengunjung terjadin pada akhir pekan. Jumlah wisatawan hanya pada Hari Sabtu (28 Mei 2022) mencapai 941 pengunjung dimana mayoritas merupakan wisatawan nusantara yang motivasi kunjungannya adalah memperoleh foto/selfie di alam sehingga menciptakan penumpukan di sekitar area puncak Padar Selatan mulai dari pukul 05:00 – 10:00 WITA.

Petugas Resort Padar Selatan bekerja sama dengan naturalist guide Koperasi Serba Usaha Taman Nasional Komodo berupaya mengendalikan arus dan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Padar Selatan dengan menerapkan timed entry ketat yaitu hanya pada pukul 05:00 – 10:00 WITA. Meskipun demikian, masih banyak pengunjung yang tetap menerobos masuk ke puncak Padar Selatan pada pukul 04:00 WITA dini hari. Hal ini tentu sangat tidak baik dan melanggar peraturan yang sudah diberlakukan. Selain itu, topografi Padar Selatan adalah sabana dengan tebing yang sangat curam, akan sangat berbahaya bagi wisatawan untuk mendaki di saat gelap dan hanya dengan penerangan terbatas.

Petugas Resort Padar Selatan juga memberlakukan pembatasan durasi foto/selfie di puncak Padar Selatan yaitu selama 3 menit saja. Ketentuan ini diberlakukan untuk mengurangi tingkat penumpukan di puncak dengan area yang sangat sempit dan memberikan kesempatan bagi wisatawan dengan motivasi kunjungan lain untuk menikmati indahnya alam dari ketinggian. Petugas Resort Padar Selatan sangat berharap agen perjalanan wisata dan tur operator lainnya yang datang membawa rombongan wisatawan ke Padar Selatan agar mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku. Padar Selatan merupakan destinasi ekowisata dan menjadi situs atraksi penting di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang perlu dilestarikan keutuhan ekosistem dan keberadaan biodiversitasnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Padar Selatan - Thomas David Carvallo, S.Hut. (+6282237030733)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

 

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini