Tutup Program RGTS, Balai TN Komodo Beri Penghargaan

Labuan  Bajo, 8  Juni  2022.  Balai  Taman  Nasional  Komodo  menutup  program pendampingan  kependidikan  Ranger Goes to School (RGTS) di SMKN 1 Labuan Bajo dengan upacara  kelulusan  dan pemberian sertifikat penghargaan pada tanggal 8 Juni lalu. Kegiatan ini digelar secara sederhana namun khidmat dan turut dihadiri oleh Lukita Awang Nistyantara  (Kepala Balai Taman Nasional  Komodo),  Viktoria  Timung  Wulang  (Kepala  SMKN 1 Labuan Bajo), Kepala Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata beserta jajarannya,  serta sebagian pengajar Ranger Goes to School yang berada di Labuan Bajo.

Program  Ranger Goes to School di SMKN 1 Labuan  Bajo genap diselesaikan  selama satu semester  mulai dari tanggal  31 Januari – 8 Juni 2022. Program ini mulanya ditargetkan selesai pada awal bulan Mei 2022, namun adanya libur nasional  dan libur keagamaan  di daerah  yang berlangsung  secara  berturut-turut  membuat  pengajaran  program  ini perlu dilangsungkan  hingga akhir semester dan telah mendapatkan  persetujuan dari pihak sekolah.

Pengajar  Ranger Goes to School yang berjumlah 21 orang silih bergantian  mengisi  kegiatan  belajar mengajar  (KBM) di kelas setiap minggunya dengan total kelas ajar mencapai 48 kelas dalam 4 bulan efektif mengajar. Adapun materi yang diberikan antara lain: (1) Pengenalan  Taman Nasional Komodo dan Program Ranger Goes to School, (2) Pengantar  Industri Hospitality,  (3) Ekologi  Biawak  Komodo,  (4) Pemanduan  dan Interpretasi  I, (5) Manajemen  Flora dan Fauna I, (6) Pengembangan  Desa Wisata, (7) Keanekaragaman Hayati Bawah Laut, (8) Manajemen Flora dan Fauna II, (9) Pemanduan dan Interpretasi II, (10) Psikologi  Lingkungan  dan Kearifan  Lokal, (11) Pengembangan  Karakter:  Mind Mapping,  (12) Kewirausahaan,  (13) Wisata Foraging,  dan (14) Kelas Inspirasi  (Bimbingan  Konseling).  Kegiatan  belajar mengajar  pun dievaluasi  melalui  ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Masing-masing pengajar sangat antusias dan berdedikasi mengembangkan masing-masing topik yang diampunya dan diminta untuk saling mengajarkan  para pengajar lain guna mendukung KBM seandainya pengajar utama berhalangan  hadir. Untuk itu, program Ranger Goes to School bukan merupakan program kependidikan  hanya untuk para pelajar namun juga menjadi kesempatan bagi para ranger dan praktisi untuk saling belajar satu sama lain.

Total  siswa  yang  mengikuti  program  Ranger  Goes  to School  di SMKN  1 Labuan  Bajo  adalah  sebanyak  101 siswa  yang merupakan siswa kelas XI dari Prodi Usaha Perjalanan Wisata. Berdasarkan  hasil rekapitulasi nilai akhir kedua ujian, hampir sebagian  besar  pelajar  dikatakan  cukup  mampu  mengikuti  kurikulum  ajar yang  ditawarkan  dengan  nilai rata-rata  siswa mencapai 66.11 dan nilai tertinggi mencapai 92.

Menindaklanjuti capaian dan prestasi siswa, Kepala Balai Taman Nasional Komodo memberikan apresiasi tinggi dengan memberikan kesempatan magang bagi siswa SMKN 1 Labuan Bajo di Balai Taman Nasional Komodo selama enam bulan. Jumlah siswa yang diterima magang di Balai Taman Nasional Komodo adalah sebanyak 12 orang. Siswa-siswi yang mendapatkan nilai akhir dengan peringkat 1 sampai dengan 3 dari setiap kelasnya adalah yang berhak mendapatkan reward tersebut, sementara tiga siswa lainnya merupakan siswa yang memiliki keaktifan tinggi selama mengikuti rangkaian program. Alokasi jumlah siswa tersebut merupakan alokasi tertinggi dalam sejarah pengelolaan Taman Nasional Komodo yang pernah diberikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo kepada sekolah dalam satu waktu kesempatan magang. Kepala Balai percaya bahwa keduabelas siswa yang telah lulus program Ranger Goes to School akan lebih mudah mempelajari hal-hal baru terkait pengelolaan kawasan konservasi di Balai Taman Nasional Komodo dan kelak mampu menjadi agent of change lingkungan yang konstruktif bagi Indonesia.

Upacara kelulusan diawali dengan penyampaian sambutan dari Kepala SMK Negeri 1 Labuan Bajo dan Kepala Balai Taman Nasional Komodo dimana keduanya mengapresiasi penuh pelaksanaan program ini dari awal sampai dengan selesai. Selanjutnya, Muhammad Ikbal Putera (Koordinator Pengajar dan Program Ranger Goes to School) turut menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan selama satu semester dihadapan para hadirin. Untuk menambahkan keceriaan upacara kelulusan, para pengajar memutarkan video Ranger Goes to School dihadapan para pelajar dan guru, sontak, canda tawa dan haru terlihat nyata pada setiap tatapan pelajar yang berada di gedung aula sekolah.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo memberikan  piagam penghargaan  pertama kepada Kepala SMKN 1 Labuan Bajo atas dedikasi dan kerja samanya mendukung pelaksanaan program Ranger Goes to School. Piagam penghargaan kedua dan ketiga diberikan  kepada  Kepala  Program  Keahlian  Usaha Perjalanan  Wisata (Heribertus  Helgar)  dan Guru Produktif  Prodi Usaha Perjalanan Wisata (Vincencia Natalia Dian Purnama). Tanpa dukungan keduanya, pelaksanaan program Ranger Goes to School di SMKN  1 Labuan  Bajo tidak  akan  terlaksana  sesuai  dengan  rencana.  Siswa-siswi  bersorak  sorai  bahagia  melihat  guru favoritnya mendapatkan  piagam penghargaan  dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo memberikan sertifikat penghargaan  kepada seluruh siswa dalam bentuk salinan digital yang ditampilkan  di layar utama. Koordinator  Ranger Goes to School dibantu salah satu perwakilan  guru sekolah kemudian memanggil nama siswa-siswi satu persatu kedepan untuk memulai prosesi upacara kelulusan. Para pelajar yang disebutkan namanya  lalu maju kedepan untuk bersalaman  dengan Kepala Balai Taman Nasional Komodo dan Kepala SMKN 1 Labuan Bajo. Acara ini sangat berarti bagi para pelajar di SMKN 1 Labuan Bajo karena prosesi kelulusan semacam ini belum pernah mereka lakukan semasa sekolah sebelumnya.  Kembali ramai, setiap kali nama sesama siswa disebutkan,  siswa lain sontak bersorak sorai layaknya upacara kelulusan sekolah pada umumnya di tempat lain.

Prosesi upacara kelulusan ini ditutup dengan diberikannya kesempatan bagi satu orang wakil siswa dan satu orang wakil siswi untuk menyampaikan  pesan dan kesan mengikuti  program  Ranger Goes to School. Vincencia  Natalia Dian Purnama,  Guru Produktif Prodi Usaha Perjalanan Wisata, juga turut menyampaikan  testimoni dihadapan seluruh audiens. Vincencia berharap agar program  Ranger Goes to School tidak berhenti  di tahun ajar ini dan dapat dilanjutkan pada tahun ajar selanjutnya. Vincencia yakin dengan diselenggarakannya program luar biasa ini dan ditambah dengan diberikannya  kesempatan  magang secara khusus oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo, kualitas pendidikan  pelajar di Kabupaten  Manggarai Barat dapat meningkat signifikan dibandingkan  dari masa sebelumnya.

Para  pengajar  Ranger Goes to School Balai  Taman  Nasional  Komodo  akan  berjuang  keras  membuat  modul  ajar  dan merangkum  keseluruhan  kurikulum  dalam bentuk yang lebih mudah dipahami  guru serta pelajar sekolah.  Modul tersebut kemudian akan diadvokasi ke Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan  Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan harapan agar mata pelajaran Pendidikan Konservasi Taman Nasional Komodo yang diajarkan dalam program Ranger Goes to School dapat menjadi muatan lokal wajib bagi seluruh sekolah di Kabupaten Manggarai Barat.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Penyunting  Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini