Pemberdayaan Masyarakat Pantai Baru SM Pelaihari

Sabuhur, 15 Juni 2022 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) monitoring dan evaluasi kelompok pemberdayaan masyarakat di Desa Sabuhur. Monitoring dipimpin langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. Monitoring kali ini menyasar kepada kelompok Pantai Baru Desa Sabuhur. Kelompok Pantai Baru merupakan kelompok binaan BKSDA Kal-Sel yang dibentuk sejak tahun 2019 dengan program unggulan ekowisata di Muara Sungai Sabuhur. Monitoring ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan kelompok dilapangan baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah dilaksanakan. Monitoring dan Pendampingan ini dihadiri juga oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Ibu Mirta Sari, S.Hut M.Si, dan Kepala Resort S.M. Pelaihari Bapak Akhmad Fauzan, S.Hut bersama tim monitoring. Pertemuan dilaksanakan di rumah salah satu anggota kelompok dan dihadiri oleh anggota kelompok pemberdayaan.

Dalam arahannya, Kepala Balai KSDA Kalsel meminta agar keterbukaan dan saling percaya antar anggota kelompok dapat terus dijaga dan dipertahankan. Dan juga peran aktif keterlibatan kelompok dalam menjaga dan melestarikan hutan di Muara Sabuhur dapat ditingkatkan agar program ekowisata di Muara Sabuhur ini dapat berhasil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam monev tersebut juga dilakukan diskusi dengan kelompok Pantai Baru. Menggali terkait tantangan dan kendala dalam pengembangan program kelompok.

Bapak Nordin selaku ketua kelompok menyampaikan kendala dan dinamika yang terjadi di kelompok. “Kami dilapangan ini mengalami sedikit kendala terkait perizinan, kami bingung terkait alur perizinan masuk ke dalam kawasan. Kami berharap ada pembinaan terkait prosedur masuk ke dalam kawasan.” ujar Nordin.

2-2022-06-17 at 12.06.34 PM

Bapak Kaslani sebagai salah satu anggota kelompok dan juga warga dari masyarakat dusun Pantai Baru berharap agar kiranya ada bantuan-bantuan lain dari BKSDA Kalsel. “Kami berharap ada bantuan dari BKSDA, seperti bantuan pohon buah agar lingkungan di dusun kami lebih teduh dan asri.” ujar Kaslani.

"Kita merawat dan menjaga tumbuhan dan satwa agar tetap lestari, dan karena didalam kawasan itu ada masyarakatnya, maka masyarakatnya juga kita bina dan dampingi agar dapat meningkatkan kesejahtetaan melalui program-program pemberdayaan. Termasuk permintaan bibit buah, bisa saja kita bantu. tentunya dengan jenis-jenis buah yang cocok dengan ekosistem disini.” tutupnya.

3-2022-06-17 at 12.06.35 PM

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kelompok Masyarakat Pantai Baru dapat berkembang lebih baik dan program-program yang direncanakan dapat berjalan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Kawasan, sekaligus terjaganya kawasan dari gangguan yang tidak diharapkan. (ryn)

Sumber : Badrul Arifin, S.Hut - PEH Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini