Uji Coba Penggunaan Drone Dalam Mendukung Pengelolaan Kawasan Konservasi

Batam, Mei 2022. Penggunaan drone saat ini mendukung pengelolaan data dan informasi kelola kawasan konservasi, Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (RenKK) mengambil kesempatan tersebut untuk melaksanakan kegiatan penyusunan data spasial potensi dan permasalahan kawasan Taman Buru Pulau Rempang di Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 1 s.d 4 Maret 2022 berhasil mengumpulkan informasi dan data penggunaan drone yang mendukung pengelolaan kawasan konservasi dengan diskusi permasalahan penggunaan drone serta melakukan uji coba penggunaan drone.

Tahap awal kegiatan dilakukan Tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi dengan persiapan dan perencanaan serta berdiskusi dengan Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Batam Balai Besar KSDA Riau untuk menyusun mission plan menggunakan Drone Deploy (www.dronedeploy.com). Tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi melakukan uji coba penggunaan drone didampingi pilot drone dari personil Polisi Kehutanan Seksi Konservasi Wilayah Batam Balai Besar KSDA Riau. Uji coba penerbangan drone dilaksanakan dengan beberapa kali penerbangan, beberapa ketinggian dan coverage, juga pengambilan foto drone.

Dari hasil pengambilan foto drone, 86 image berhasil dikumpulkan yang selanjutnya diolah menggunakan Agisoft Metashape. Direktorat RenKK juga berkoordinasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara Hang Nadim atau (Bandar Udara Hang Nadim) dan diperoleh data sekunder berupa data foto drone seluas 17 hectare dengan menggunakan MAVIC 2 PRO di Taman Buru Pulau Rempang, sehingga dapat menjadi bahan perbandingan dan diskusi lebih lanjut.

Sumber  : Mugiharto HP - PEH Muda dan Budi Susetya -PEH Pertama Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi 

 

 

 

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini