Peningkatan SDM Bidang Jasa Lingkungan Air di Sekitar Kawasan Konservasi

Kamis, 21 Oktober 2021

Pontianak, 20 Oktober 2021. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang unggul di bidang jasa lingkungan air yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi (PJLKK) pada tanggal 18 – 20 Oktober 2021.

Dalam arahannya Dr. Nandang Prihadi S.Hut., M.Sc selaku Direktur PJLKK  menyampaikan bahwa “Peta Areal Pemanfaatan Air (PAPA) yang akan dibahas ini menjadi dasar dalam pengendalian air dan energi yang terdapat di kawasan konservasi, sehingga ke 30 peserta harus serius untuk mengikuti kegiatan sampai akhir”.

Adapun materi yang disampaikan mengenai kebijakan pemanfaatan air dan energi air, prakondisi pemanfaatan jasa lingkungan air, penyajian peta dan tata cara pengusulan penetapan areal pemanfaatan air dan energi air, potensi hutan untuk pemanfaatan air dan energi air, teknik-teknik inventarisasi air dan energi, kajian/desk study potensi air dan energi air, serta praktek dan simulasi di lapangan langsung di Singkawang.

Disela – sela pemaparan materi, Tim Balai Besar Tana Bentarum juga berperan aktif menyampaikan kondisi pemanfaatan air di kawasan TN Danau Sentarum dan TN Betung Kerihun yang nantinya dapat menjadi masukan dalam pengelolaan kawasan yang lebih baik lagi.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, memberikan kejelasan kepada pengelola kawasan konservasi terhadap areal pemanfaatan air yang berada di wilayahnya masing-masing. Sehingga penetapan areal pemanfaatan air bermanfaat juga bagi masyarakat di sekitar kawasan konservasi” ucap Sadtata Noor Adirahmanta S.Hut.,M.T., Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat (BKSDA Kalbar) dalam sambutannya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Orchard Gajah Mada Pontianak ini diikuti empat UPT yaitu Balai BKSDA Kalbar sebanyak 15 orang, Balai Besar Tana Bentarum sebanyak 12 orang, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) sebanyak 2 orang dan Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) sebanyak 1 orang.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini